Laporan Praktek Mekanika Tanah - Uji Gradasi


I.  PENDAHULUAN
                                 
        Tanah merupakan material yang tediri dari butiran mineral-mineral padat yang tidak tersementasi ( terikat secara kimia ) satu sama lainnya serta terletak di atas batuan dasar ( bedrock ). Butiran mineral padat tanah berasal dari bahan-bahan organik yang telah mengalami pelapukan. Ikatan antar butiran relativ lemah di sebabkan oleh karbonat, zat organik atau oksida-oksida yang mengendap di antara partikel-partikel. Ruang diantara partikel-partikel dapat berisi air, udara atau keduanya. Penyelidikan tanah yang memadai merupakan suatu pekerjaan pendahuluan yang sangat penting pada perencanaan sebuah proyek. Oleh sebab itu perlu dilakukan uji pemeriksaan gradasi tanah untuk mengetahui apakah tanah tersebut mampu menahan beban di atasnya serta untuk mengetahui seberapa besar  daya dukung tanah tersebut dan mengetahui jenis tanah.
        Uji pemeriksaan gradasi / analisis mekanis dari tanah adalah penentuan variasi ukuran butiran-butiran / partikel-partikel yang ada pada tanah. Variasi tersebut di nyatakan dalam persentase berat kering total.

II. MAKSUD DAN TUJUAN UJI PEMERIKSAAN GRADASI TANAH
        Adapun maksud dan tujuan uji pemeriksaan gradasi tanah adalah untuk menentukan distribusi atau pembagian ukuran butir suatu contoh tanah dengan menggunakan saringan.

III. ALAT DAN BAHAN YANG DI GUNAKAN
A.      Peralatan yang di gunakan
1.    Timbangan dengan ketelitian 0,2 %
2.    Satu set saringan dengan ukuran No 4, No 8, No 30, No 50, No 100, No 200 dan pan/wadah.
3.    Oven dengan pengatur suhu sampai 110° C.
4.    Alat pemisah contoh.
5.    Mesin pengguncang saringan.
6.    Talam-talam.
7.    Kuas, sikat kuningan, sendok.
........................


0 comments:

Copyright © 2013 TUGAS KULIAH and Blogger Templates - Anime OST.